Total Tayangan Halaman

Senin, 25 Januari 2010

“SELF MANAGEMENT FOR EXCELLENT LIFE”

Oleh Boy Hadi Kurniawan
Setiap kita memerlukan penataan dan pengelolaan dalam kehidupan ini. Karena banyak kegiatan yang kita lakukan sementara waktu yang kita miliki kadangkala tidak mencukupi untuk melakukan semua kegiatan tersebut. Oleh karena itu kita memerlukan “Manajemen Diri’.
Manajemen diri adalah sebuah seni dan usaha untuk menata diri kita dari aspek perencanaan diri (konsep diri), pengorganisasian diri dan evaluasi diri menurut waktu yang tersedia agar sesuai dengan yang kita cita-citakan.
Menurut Muhammad Abdul Jawwad, manajemen diri ini sangat penting karena ketika seseorang memanajemeni dirinya berarti dia selalu bersikap waspada, memiliki perencanaan yang jelas, dan selalu mengawasi diri sendiri, walaupun pada pelaksanaannya gagal dalam satu waktu dan berhasil pada kesempatan lain.
Sedangkan menurut Awadh bin Muhammad Al Qarni, sarat utama kesuksesan anda dalam kehidupan ini terletak pada keberhasilan menerapkan manajemen diri, dan bagaimana berinteraksi dengan diri sendiri secara efektif. Kegagalan anda berinteraksi dengan diri sendir akan mengakibatkan kegagalan dalam kehidupan ini.
Melakukan Manajemen Diri

Memanajemen Diri kita berarti mengatur diri kita, kegiatan-kegiatan kita, waktu yang kita miliki untuk melakukan sebuah aktivitas, ataupun rencana-rencana masa depan yang kita buat. Bagaimana cara melakukan manajemen diri ini. Secara global manajemen diri dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut ;
1. Membuat perencanaan hidup kita, mulai dari perencanaan jangka pendek dan jangka panjang. Meliputi visi, misi dan motto hidup kita, nilai-nilai ideologis dan filosofis yang kita pakai dalam hidup ini (konsep diri kita).
2. Membuat program harian, bulanan bahkan tahunan untuk mencapai visi dan misi hidup kita
3. Membuat time schedule aktivitas yang akan kita lakukan baik harian, bulanan bahkan tahunan
4. Mengatur waktu kegiatan-kegiatan yang bersifat tidak permanent yang menuntut peran kita disana
5. Membuat skala prioritas, kegiatan mana yang mesti didahulukan atau ditinggalkan
6. Melaksanakan perencanaan kita diatas dengan komitmen sekaligus fleksibel, sehingga tidak kaku dalam menerapkannya
7. Melakukan evaluasi terhadap perencanaan, program dan time schedule yang kita buat, untuk diperbaiki sesuai dengan tuntutan kondisi dan keadaan.
Manfaat Manajemen Diri Dalam Kehidupan
Banyak orang yang mengalami kegagalan dalam beberapa fase hidup ini, maupun dalam merealisasikan keinginan dan rencana-rencana yang mereka buat. Kita mengetahui bahwa kegagalan itu hanyalah hal biasa, yang pasti dialami oleh setiap orang untuk menguji konsistensi diri kita dan kesabaran kita. Namun, tentu harus ada usaha untuk meminimalisir ataupun meniadakan kegagalan tersebut.
Banyak pula orang yang kebingungan dalam mengelola kegiatannya, karena saking banyaknya kegiatan yang mesti dia lakukan. Akhirnya kegiatan-kegiatan yang penting tertinggalkan dan kegiatan yang tidak begitu penting dia lakukan.
Apa penyebab semua itu? Penyebabnya adalah karena dia tidak melakukan manajemen diri. Oleh karena itu manajemen diri ini sangatlah bermanfaat bagi diri kita, antara lain :
1. Membuat pekerjaan menjadi lebih teratur dan mudah
2. Memudahkan untuk berprestasi
3. Menjadi alat untuk mencapai kesuksesan
4. Kerja tidak tergesa-gesa
5. Waktu lebih efektif dan efisien
6. Menjadi panutan bagi orang lain
7. Lebih disiplin
8. Menepati janji
9. Mampu memilih kegiatan yang prioritas
10. Meningkatkan kualitas diri
11. Hubungan dengan orang lain menjadi lebih baik
12. Membantu mengambil keputusan yang tepat
Kriteria pribadi sukses dalam kehidupan
Untuk menjadi pribadi sukses, maka diperlukan manajemen diri yang efektif. Yakinlah kesuksesan akan tercapai ketika kita telah mampu mengatur diri kita dengan baik. Seorang yang pribadi yang sukes memiliki ciri-ciri dan kriteria sebagai berikut :
1. Memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT (kecerdasan Spiritual)
2. Memiliki hubungan yang baik dengan keluarga, rekan kerja dan orang-orang yang pernah berinteraksi dengannya (kecerdasan social)
3. Memiliki kemampuan untuk memotivasi diri, kesabaran, mengendalikan diri dan kemauan kuat untuk melakukan perbuatan yang bermanfaat (kecerdasan emosional)
4. Memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan dan mengambil keputusan (kecerdasan intelektual)
5. Memiliki tubuh yang sehat dan fisik yang kuat (kecerdasan fisik)
6. Memiliki kemampuan secara ekonomi untuk mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarga (kecerdasan ekonomi)
7. Tidak mudah menyerah dan pantang berputus asa menghadapai kesulitan sampai kesulitan tersebut teratasi
8. Rajin, tekun dan ulet dalam berusaha dan melaksanakan tugasnya
Memahami makna manajemen diri pribadi sukses
Setiap pribadi yang sukses adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk memanajemen dirinya dengan baik. Karena kesuksesan akan sulit dicapai jika seseorang tidak memiliki tujuan hidup yang jelas dan konsep diri yang jelas. Banyak orang yang salah persepsi tentang arti kesuksesan. Kesuksesan menurut mereka hanya kesuksesan di dunia saja, dimana mereka mendapatkan segala apa yang diinginkan dari harta, jabatan, ketenaran, dan pria atau wanita yang mereka inginkan. Namun disisi lain mereka kadangkala melupakan bahwa kesuksesan mereka berdiri di atas kesengsaraan orang lain. Oleh karena itu perlu didefinisikan apa sebenarnya arti sebuah kesuksesan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sukses berarti berhasil atau beruntung. Kesuksesan berarti keberhasilan atau keberuntungan.
Menurut John C.Maxwell sukses adalah mengetahui apa tujuan hidup anda; bertumbuh untuk mencapai kemampuan maksimal anda; dan menabur benih untuk memberikan manfaat kepada lainnya.
Hendry Wadsorth menyebutkan sukses sebagai melakukan apa yang dapat anda kerjakan dengan baik dan melakukan sebaik-baiknya apa yang anda kerjakan. Sementara, Napoleon Hill mengatakan sukses adalah adalah mereka yang selalu memberi, membentuk dan mengontrol egonya sendiri, tidak menyisakan tempat untuk mengharapkan adanya keberuntungan atas tiap pekerjaan atau kesempatan, atau atas segala perubahan nasib.
Sedangkan menurut Satria Hadi Lubis, sukses adalah :
1) keseimbangan hidup
2) memberikan manfaat bagi orang lain
3) proses mencapai cita-cita mulia
4) menikmati kemenangan-kemenangan
5) akhir yang baik
Dengan demikian manajemen diri pribadi sukses bermakna proses penataan dan pengaturaan diri seseorang untuk mencapai kesuksesannya. Tanpa adanya penataan dan pengelolaan maka seorang pribadi akan sulit mencapai kesuksesan.
Langkah-langkah menuju pribadi sukses
Kesuksesan adalah sesuatu yang mungkin dicapai oleh setiap orang. Tergantung bagaimana usaha dan kemauan seseorang untuk berjuang mencapai kesuksesan tersebut. Usaha-usaha untuk mencapai sukses perlu dibangun dan dilakukan setiap hari. Sebagaimana perkataan John C. Maxwell bahwa ‘Sukses itu dibangun setiap hari. Tidak ada sukses tanpa pengorbanan. Sukses diperoleh dalam ukuran senti bukan kilometer’. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencapai kesuksesan
1. Memiliki konsep diri dan perencanaan diri, yang meliputi visi dan misi diri, program kerja diri, dan time schedule aktivitas
2. Berusaha meningkatkan ilmu pengetahuan untuk mencapai kesuksesan dengan banyak membaca, berdiskusi dan menuliskan yang menjadi ide-ide pemikiran
3. Berusaha untuk lebih baik dari hari kehari, dengan prinsip hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, dari segi amal perbuatan untuk mencapai sukses
4. Menjalin hubungan yang baik dengan setiap orang yang dikenal dengan membangun komunikasi dan silaturrahmi yang efektif
5. Mengerjakan apa-apa yang telah direncanakan dengan komitmen dan sungguh-sungguh
6. Memupuk sikap pantang menyerah, sabar dan terus mau berusaha dalam menghadapi kesulitan-kesulitan untuk mencapai kesuksesan
7. Memupuk kebiasaan berpikir positif, kreatif dan produktif
8. Belajar dari pengalaman orang-orang yang telah mencapai kesuksesan dengan mengambil teladan dari mereka, terutama dari Rasulullah saw dan para shahabat
9. Melakukan evaluasi diri dan evaluasi realisasi program kerja untuk mencapai kesuksesan, kemudian melakukan koreksi dari hasil evaluasi
Sedangkan menurut John C.Maxwell langkah-langkah menuju kesuksesan itu adalah sebagai berikut :
1) buatlah komitmen untuk bertumbuh setiap hari
2) hargai proses lebih dari peristiwa yang terjadi
3) jangan menunggu inspirasi
4) bersedia mengorbankan kesenangan demi kesempatan
5) memiliki impian besar
6) urutkan prioritas
7) berkorban untuk memperoleh peningkatan
Disisi lain DR.Akrim Ridha mengajukan 10 kiat menuju sukses ;
1) Kita harus memiliki tujuan hidup yang jelas
2) Cita-cita dan tujuanmu mesti realistis
3) Mencari teladan utama untuk mencapai sukses
4) Mengoptimalkan penggunaan potensi diri baik akal maupun hati
5) Mengembangkan inovasi sekaligus rasionalisasi pemikiran bukan hanya sekedar mimpi dan imajinasi
6) Menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam kehidupan
7) Menuju sikap professional dengan terus belajar dan belajar
8) Memiliki ‘perahu’ kesabaran
9) Memiliki denyut hati yaitu keuletan dan kesungguh-sungguhan
10) Menjadikan hidup menyenangkan dengan rileks dan melakukan hal-hal yang menjadi hobi
Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sukses dengan manajemen diri. Pepatah mengatakan ketika kita gagal dalam merencanakan sesuatu, maka kita merencanakan sesuatu untuk gagal. Ketika kita gagal dalam mengatur diri kita, maka kita juga gagal dalam mengatur kesuksesan kita. Alam semesta ini bisa dihuni oleh manusia karena keteraturan dan manajemen yang dibuat oleh Allah. Oleh karena itu jika kita ingin mengikuti hokum alam, maka hokum alam menuntut kita untuk memiliki keteraturan dan manajemen dalam hidup kita. Salam sukses sejati!!

Tidak ada komentar:

CONSISTENT TO SUCCESS

CONSISTENT TO SUCCESS