Total Tayangan Halaman

Senin, 25 Januari 2010

“BERPIKIR DAN BERMIMPI”

Oleh Boy Hadi Kurniawan
Seorang manusia yang berpikir dan mengetahui cara berpikir selalu dapat mengalahkan sepuluh orang yang tidak berpikir dan tidak mengetahui cara berpikir.
(George Bernard Shaw, Sastrawan dan Filosof terkemuka Inggris)

Aku bercita-cita menjadi salah seorang penulis yang berpengaruh di Indonesia dalam 10 tahun kedepan. Sekaligus menjadi seorang pembicara public terkemuka di tingkat nasional. Untuk mewujudkan itu aku, harus berjuang dan bekerja keras. Mungkin ada sebagian orang yang menganggap impianku ini terlalu muluk, dan tinggi. Tapi tidak ada yang tidak mungkin didunia ini, selagi kita mau berusaha. Segala yang terjadi didunia ini, berawal dari sebuah impian dan pikiran. David J Schawrz menyatakan dalam bukunya The Magic of Thinking Big, jika anda ingin menjadi orang “besar” anda harus berani untuk berpikir dan berjiwa besar. Bryan Tracy juga mengatakan “jika anda ingin merubah hidup anda maka rubahlah cara berpikir anda”. Tapi memang impian dan pikiran saja tidak cukup kalau kita tidak bertindak.
Oleh karena itu, aku ingin sekali merampungkan buku yang sedang kutulis. Untuk mempersiapkan diri aku rajin dan komitmen membaca buku-buku yang relevan dengan itu. Memang luar biasa manfaat ilmu membaca cepat (speed reading) yang kupelajari, aku mampu membaca buku yang tebal dalam waktu singkat. Baca ide dan gagasannya, bukan baca kata-katanya. Prinsip ini sangat penting untuk meningkatkan kecepatan membaca.
Menulis itu sangat bermanfaat. Aku merasakan menulis seperti mind and spirit therapy bagiku. Menulis dapat menyimbangkan diri. Menulis juga menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan diriku sendiri. Aku seperti melepaskan beban setelah menyelesaikan dan menuliskan apa yang kupikirkan. Dan aku merasakan semakin cerdas setiap hari ketika selesai menulis dan membaca, karena memang otak manusia itu seperti otot yang bisa berkembang menjadi besar dan kuat ketika dilatih dan diasah. Profesor Mariand Diamond, peneliti otak yang pernah membedah Otak Albert Einstein mengatakan “ saya akan memberitahu mereka tentang betapa dinamisnya otak mereka, serta kenyataan bahwa otak dapat berubah pada usia berapapun, sejak lahir sampai akhir kehidupan. Otak dapat berubah secara positif jika dihadapkan pada lingkungan yang diberi rangsangan. Sebaliknya, otak dapat menjadi negative jika tidak diberi rangsangan.
Pernyataan ini diperkuat oleh Pelitian mutakhir yang dilakukan oleh ilmuwan syaraf, Fred Gage dan rekan-rekannya di the Talk Institute for Biological Studies di Lajolla California, yang melakukan penelitian pada tikus. Sekelompok tikus dimasukan kedalam kandang kemudian diberi lingkungan yang kaya dengan permainan seperti anak tangga, roda berputar, makanan baru dan banyak interaksi social. Kemudian sekelompok tikus yang lain dimasukan kedalam sangkar laboratorium biasa. Hasilnya setelah 2 bulan tikus dalam sangkar yang penuh permainan, memiliki 270.000 neuron pada setiap belahan hippocampus, sedangkan yang dalam lingkungan biasa hanya 50.000 neuron dalam setiap hippocampus. Sebuah penelitian yang dahsyat dan mengejutkan, bahwa otak yang terus dirangsang dan dilatih serta berada dalam lingkungan yang tetap dapat menjadi lebih cerdas 5 kali lipat, dibanding yang tidak melatih dan merangsang otaknya.
Kemudian ilmu mind mapping yang kupelajari ternyata sangat bermanfaat dan dahsyat. Betul sekali kata Imam ali, ikatlah ilmu dengan menuliskannya. Aku tidak bosan menulis dengan metode ini, karena seperti menggambar. Aku juga sangat terbantu untuk memahami peta pemikiran para penulis-penulis besar. Aku kagum akan kesabaran dan ketekunan mereka dalam menulis buku. Mereka mampu menulis beratus-ratus halaman, suatu hal yang luar biasa. Mereka juga memiliki ilmu dan pemikiran yang brilian. Tapi semua itu adalah hasil kerja keras mereka untuk rutin dan banyak membaca buku. Sebagaimana perkataan Ted Williams, salah seorang pemain Bisbol terbesar di amerika. Dia dikatakan pemain jenius oleh wartawan dan media massa. Kemudian Ted menjawabnya, “kalian mengatakan saya jenius? Saya latihan 6 jam sehari itukah yang disebut jenius? Betul kata Einstein “sukses itu 1 % kejeniusan, 99 % kerja keras”.
Beberapa buku yang kubaca seperti unlimited power, karya Anthony robbins, think and grow rich dari napoleon hill, success principle dari jack canfield, the magic of thinking big dari david j Schwarz, mukjizat berpikir positif dari Dr Ibrahim elfiky, Change Your Thinking dari Brian Tracy, memang buku-buku yang sangat dahsyat dan luar biasa.
Aku ingin menulis ulang dan meramu konsep-konsep pemikiran dari para pemikir dan tokoh-tokoh besar itu. Aku akan melakukan modeling terhadap mereka, sebagaimana yang kupelajari dalam ilmu NLP yang kupelajari secara otodidak (kelak aku akan mengikuti pelatihannya minimal di Jakarta, maksimal di Amerika) dengan membaca berbagai macam buku seperti NLP The New Technology of Achivement dari Steve Chandler, Unlimited Power oleh Anthony Robbins, Terapi NLP oleh DR Ibrahim Elfiky, Understanding NLP, NLP in Action, dan Reframing oleh RH Wiwoho, Share The Key oleh Krishnamurti, Be Happy with NLP oleh Hindrangnata Nikolay, Manage Your Mind for Success dan Secret of Mindset oleh Adi W Gunawan, NLP Secret oleh Michael Lum, serta Makalah-makalah NLP yang tersebar di situs-situs internet, seperti disitus portalnlp.com, ronnyfr.com, situs Richard bandler dan John Grinder para author NLP.
Begitu banyak ide dan gagasan yang bergelayut dalam pikiranku, setelah membaca buku-buku itu. Sangat menginspirasi. Butuh kesabaran dan ketenangan untuk merangkainya menjadi sebuah konsep gagasan. Memang kelihatannya membaca dan mengisi pemikiran dengan ilmu, tidak langsung bernilai ekonomi. Tapi aku yakin, apa yang kulakukan adalah sebuah investasi yang sangat besar untuk kesuksesan masa depanku.
Aku juga ingin menguasai dan mengingat kisah-kisah inspiratif yang luar biasa. Aku akan mencoba membuat peta pemikiran dari kisah-kisah tersebut. Seperti buku Classical Motivation Seriesnya Andrie Wongso, Chicken Soup for The Soul karya Jack Canfield yang terjual 80 juta kopi diseluruh dunia, atau Setengah Isi Setengah Kosong karya Parlindungan Marpaung. Setelah kulakukan dengan metode mind mapping ternyata aku dapat mengingat kisah-kisah itu dengan lebih gampang, bravo mind mapping!! Prof Tony Buzan Sang Pencipta Mind Mapping memang sangat dahsyat, dan terbukti metodenya sangat bermanfaat. Bukan sekedar teori.
Aku juga akan membaca dan menghafal kisah-kisah humor segar dari buku-buku humor. Agar dalam mengisi pelatihan, aku dapat menyelingi dengan kisah-kisah humor yang dapat mencairkan suasana dan membuat audiensku tertawa senang dan gembira. Tertawa ternyata mengaktifkan hormone endorphin dalam otak kita, yang dapat membuat daya tahan tubuh meningkat dan mampu melawan penyakit secara alamiah.
Aku yakin apa yang kulakukan tidaklah sia-sia. Aku hanya ingin bermanfaat bagi orang lain, untuk dapat mengubah hidup mereka, untuk menyadarkan mereka akan potensi dahsyat yang diberikan oleh Allah pada diri mereka. Untuk mengeluarkan manusia dari belenggu kemiskinan hati dan pikiran, kemiskinan jiwa dan iman, serta kemiskinan ekonomi, karena kemiskinan ekonomi berasal dari kemiskinan mental dan pemikiran.
Aku ingin apa yang aku lakukan dapat membantu orang lain mengubah hidup mereka, mengubah cara pandang mereka terhadap hidupnya, sehingga berhasil meraih kebahagiaan didunia dan kebahagiaan diakhirat (fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah). Maka konsep yang disampaikan dan dikembangkan adalah konsep sukses sejati (sukses dunia dan sukses akhirat, sukses harta dan sukses manusia, sukses pribadi dan sukses keluarga, sukses diri dan sukses orang lain). Itulah sukses sejati, maka icon dan motto yang ingin aku bawa adalah menjadi “Motivator Sukses Sejati”.
Aku mempersiapkan diriku untuk menjadi orang yang sukses, aku mempersiapkan diriku untuk memberikan ilmu pada orang lain. Inilah terapi yang kulakukan pada diriku sendiri. Aku masih ingat perkataan Mario Teguh, siapa yang mempersiapkan dirinya untuk menjadi orang besar, berpikir dan bertindak layaknya orang besar, walaupun sekarang belum besar, maka kelak dia akan menjadi orang besar.
Tapi memang betul memulai itu yang sulit. Maka jika kita ingin sukses maka mulailah melakukan tahap demi tahap, tangga demi tangga, tapak demi tapak impian anda. Bagiku yang penting sekarang adalah latihan, latihan, latihan untuk dapat berproduksi menulis dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi manusia.
Untuk kedepan aku memiliki target untuk selalu menulis setiap hari, minimal 1 kali 2 hari. Aku akan menulis apa saja. Apa yang kupikirkan, apa yang kurasakan dan apa yang kualami hari ini. Kemudian hikmah, ilmu dan makna apa yang dapat kuambil dari semua peristiwa tersebut, karena sesungguhnya kehidupan adalah sebuah pelajaran bagi manusia yang mau menggali dan menggunakan akalnya. Maka mulailah menulis apa saja, hatta kau menuliskan bahwa kau kehilangan ide untuk menulis hari ini.
Pada kancah perjuangan ini aku berada sekarang, dan kurasakan memang berat perjuangan untuk melawan diri sendiri. Melawan hawa nafsu dan keinginan. Kadang-kadang kebenaran dalam diri kita dikalahkan oleh hawa nafsu kita yang salah. Oleh karena itu kita tidak boleh berputus asa untuk selalu memperbaiki diri, untuk selalu introspeksi diri, untuk meminta tolong kepada Allah Yang Maha Mulia untuk dapat menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Memperkuat iman kepada Allah adalah sarana untuk menjauhkan diri kita dari godaan syetan. Maka kesuksesan kita memang tergantung sejauh mana kesungguhan dan komitmen kita untuk mengalahkan diri kita sendiri, mengalahkan putus asa, mengalahkan kemalasan, mengalahkan kelambatan, mengalahkan kelalaian, mengalahkan kelemahan iman. Inilah yang selalu harus kita lakukan, dan kita pernuangkankan dalam hidup kita yang singkat ini. Aku ingat sebuah kata mutiara mengatakan “menghancurkan itu butuh waktu sebentar, membangun itu butuh waktu yang lama”. Berbuat buruk itu gampang dan mudah, tapi berbuat baik itu butuh perjuangan dan tenaga”. Oleh karena ituberhati-hatilah jangan sampai berbuat keburukan. Bisa jadi perbuatan baik yang kita lakukan dan bangun selama bertahun-tahun, hancur gara-gara melakukan perbuatan buruk sesaat. Karena tidak mampu mengendalikan diri.
Aku merasakan, godaan-godaan untuk beralih profesi disaat-saat sulit ini sangat besar. Apalagi profesi yang menjanjikan kenyamanan dan kepastian dalam waktu singkat. Berbeda dengan menulis yang membutuhkan investasi waktu dan tenaga, tidak bisa langsung dinikmati. Termasuk juga profesi Trainer dan Pembicara public, juga tergantung tingkat popularitas dan kepercayaan public kepada kita. Semua itu memerlukan proses dan waktu. Aku kadang tertekan memikirkannya. Aku kadang frustasi dan lemah untuk melaksanakan ide-ide yang bergelayut dalam pikiranku, karena beberapa kali aku mengalami kegagalan. TapI itulah konsekuensi dari sebuah pilihan dan keputusan. Kita harus bertanggung jawab terhadap pilihan kita dan hidup kita. Apapun yang kita lakukan pasti ada resikonya. Tapi aku ingat bahwa kalau daya tahan kita lebih kuat dari tekanan yang kita hadapi, maka efek balik dan daya lenting dari sesuatu yang ditekan itu akan lebih kuat dari tekanan itu. Seperti air, akan menjadi gelombang dahsyat yang dapat menghancurkan ketika dihembus oleh badai dan angin topan. Ketika ditepuk maka percikannya menyebar kemana-mana. Seperti pegas atau per, yang ditekan setelah itu dia akan melenting lebuh kuat.
Aku yakin, kebanyakan orang besar dan sukses, mereka bisa karena mereka berani melakukan hal yang berbeda dibanding yang dilakukan kebanyakan orang. Mereka berani menantang “arus”, walaupun tidak harus berbeda. Tapi membedakan diri dari segi kerja, pengorban, tekad dan kualitas diri. Berbuat ketika orang lain diam. Belajar ketika orang lain merasa cukup. Bangun ketika orang tidur. Itulah perbedaannya
Kusadari kita tidak boleh berhenti. Kita tidak boleh berhenti berpikir dan berusaha. Aku yakin Allah Maha Melihat dan Maha Mendengar. Dalam hidup ini berlaku hukum keadilan (Justice Law). Ketika kau berbuat sesuatu yang positif, maka kau akan mendapatkan hasil yang positif, apakah cepat atau lambat, karena hakikat hidup ini adalah investasi, kebaikan atau keburukan, maka kelak kita akan menuai hasilnya. Begitu sebaliknya, jika kau melakukan perbuatan negative, maka cepat atau lambat balasannya akan kau dapatkan. Semoga kita selalu konsisten berjalan pada langkah dan perbuatan positif. Sehingga cepat atau lambat hasil yang baik juga kita dapatkan. Salam Sukses Sejati !!!

Tidak ada komentar:

CONSISTENT TO SUCCESS

CONSISTENT TO SUCCESS