Total Tayangan Laman

Senin, 25 Januari 2010

KUASA KEPUTUSAN

Oleh Boy Hadi Kurniawan
Seseorang yang sukses adalah orang yang memutuskan untuk sukses dan mengerjakannya . Seseorang yang gagal adalah orang yang memutuskan untuk sukses dan mengharapkannya. Seseorang yang memutuskan untuk gagal adalah orang yang gagal untuk memutuskan dan menunggu
William A Ward

Hidup adalah kumpulan keputusan. Apa yang terjadi dalam hidup kita, adalah akibat dari keputusan yang kita buat di masa lalu. Kegagalan, ataupun keberhasilan adalah pilihan kita sendiri. Sadar atau tidak sadar, yakin atau tidak yakin, mau atau tidak mau keadaan diri kita hari ini, sangat ditentukan oleh kumpulan keputusan yang kita buat dimasa lalu. Misalkan ketika sekolah dulu, anda memutuskan baik secara sengaja ataupun tidak, anda malas dan tidak mau belajar. Maka wajar jika nilai sekolah anda jeblok. Akibatnya anda tinggal kelas. Akibat tinggal kelas, anda dimarahi orang tua.
Kenapa anda tinggal kelas? Jawabannya karena anda memutuskan untuk tidak giat belajar. Kemudian, karena tidak suka dimarahi dan menanggung malu anda memutuskan untuk merubah diri menjadi giat belajar. Kemudian hasil ujian baik, dan menjadi juara kelas. Maka ini juga akibat keputusan yang anda ambil. Untung saja anda tidak memutuskan menjadi semakin malas atau melawan pada orang tua, sehingga mungkin saja hasil belajar anda akan menjadi lebih jelek.

Untuk itu dalam mengambil keputusan kita harus menggunakan akal sehat. Apa yang kita lakukan hari ini harus kita pertimbangkan dengan baik, karena sangat menentukan masa depan kita. Jangan menyalahkan orang lain atas kegagalan kita, karena kitalah yang menciptakan scenario hidup kita, bukan orang lain. Kalaupun orang lain ingin mempengaruhi hidup kita, jika kita tidak mengizinkannya maka hal itu tidak akan terjadi.
Makanya ada sebuah rumus yang mengatakan bahwa hasil yang kita peroleh hari ini adalah peristiwa ditambah reaksi kita menghadapi peristiwa tersebut. Bisa kita gambarkan dengan rumus berikut yaitu : H = P + R.
H = Hasil yang kita Peroleh
P = Peristiwa/Kejadian yang kita Alami
R = Reaksi kita terhadap peristiwa/kejadian itu
Berdasarkan rumus ini kita dapat melihat jika kita mengalami suatu perisitwa atau pengalaman hidup, baik itu susah maupun senang, baik atau buruk hasilnya sangat ditentukan oleh Reaksi dan Keputusan yang kita buat menyikapi perisitwa tersebut. Kalaupun peristiwa itu bernilai negative bagi kita, jika Reaksi positif kita lebih besar maka hasilnya akan tetap positif. Sebagai contoh, kita gagal membangun sebuah usaha, jika reaksi kita adalah putus asa dan menyerah, maka usaha kita tidak akan pernah berhasil. Namun jika kita gagal, lalu kita tetap bersikap dan bereaksi positif, sabar, optimis, berdoa, kemudian kita putuskan untuk berusaha kembali dengan lebih giat dan strategi yang baru, maka cepat atau lambat insya Allah hasilnya akan positif.
Setiap keputusan tentu mengandung resiko dan konsekuensi. Konsekuensi itu bisa berantai pada konsekuensi berikutnya. Akibat keputusan yang salah, maka resiko yang kita terima menjadi besar, jika kita tidak mengambil keputusan yang lebih baik atau merubah keputusan kita maka efek berantainya akan menjadi jelek. Tapi jika kita merubah dan membuat strategi baru, maka efek berikutnya akan lebih baik.
Oleh karena itu, untuk meraih sukses dan cita-cita kita, maka kita harus berani memutuskan apa yang kita inginkan, apa yang betul-betul berharga dalam hidup kita. Kita harus memutuskan scenario hidup seperti apa yang akan kita lewati. Jangan menunggu apa yang terjadi pada diri kita, tapi mari kita buat kejadian apa yang kita inginkan, dengan usaha dan doa kita.
Setelah itu putuskan tindakan apa yang akan anda ambil untuk mendapatkan apa yang anda inginkan dan cita-citakan tersebut. Kemudian kerjakan dan bertindaklah. Miliki sensistivitas, terhadap hasil yang anda dapatkan. Lakukan evaluasi, jika hasilnya tidak sesuai dengan yang anda inginkan, maka kembangkanlah sikap fleksibel. Lakukan perubahan, buatlah keputusan baru yang lebih baik dari yang sebelumnya. Maka insya Allah kesuksesan dan cita-cita anda akan dapat anda raih.
Alangkah lebih baiknya jika anda menuliskan apa yang anda putuskan tersebut. Supaya anda mengingat dan komtimen terhadapnya. Jangan anda menjadi orang yang mengekor dan mengikuti cita-cia orang lain. Keinginan dan hasrat inti yang anda miliki ternnyata berasal dari pengaruh orang lain.
Kita harus menyadari jika kita tetap melakukan hal yang sama setiap hari, maka hasil yang kita peroleh pun akan sama. Hidup kita akan berubah kalau kita mau merubah keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan kita. Oleh karena semakin sering kita mengambil keputusan dan tindakan, akan semakin banyak perubahan dalam hidup kita.
Ada 5 tahap dalam mengambil keputusan dan mengatasi persoalan hidup anda. Pertama, identifikasi apa masalah yang anda hadapi. Kedua, kembangkan kreatifitas dan gagasan anda untuk mencari sebanyak mungkin solusi mengatasi masalah tersebut. Ketiga, putuskan beberapa tindakan yang menurut anda paling baik dan paling prioritas untuk anda lakukan saat. Keempat, laksanakan beberapa keputusan anda tersebut. Kelima, lihat dan evaluasi hasilnya apakah sesuai dengan yang anda inginkan atau tidak, jika tidak lakukan umpan balik, kembangkan alternative lainnya.
Kehidupan adalah umpan balik dari sikap kita. Apa yang kita peroleh adalah cerminan dari sikap dan tindakan yang kita lakukan. Baik atau buruknya kehidupan kita, hubungan kita dengan orang lain, tingkat kemakmuran kita, prestasi yang kita raih, semuanya adalah umpan balik dari sikap kita. Ketika kita merubah sikap, maka sebenarnya kita merubah hidup kita sendiri. Makanya berhentilah mengeluh dan menyalahkan orang lain dan lingkungan kita. Jadilah orang yang bertanggung jawab terhadap hidup kita sendiri.
Aada 2 pilihan terhadap keadaan. Pertama, keadaan itu diciptakan. Kedua, keadaan itu dibiarkan terjadi begitu saja. Maka kendalikan tindakan dan keputusan anda, sesungguhnya anda sedang menciptakan keadaan yang anda inginkan.
Menurut Anthony Robbins dalam Awaken The Giant Within, ada 3 keputusan penting yang harus anda ambil dalam hidup ini. Pertama, kemana harusnya focus dan tujuan anda. Kedua, apa makna segalanya bagi anda. Ketiga, apa yang harus anda lakukan.
Keputusan untuk menentukan kemana focus dan tujuan anda sangat penting untuk anda lakukan. Agar energy dan potensi yang anda miliki terarah dan terkonsentrasi. Kita pernah membahas tentang kekuatan focus pada bab sebelumnya. Oleh karena itu, jika anda sudah memutuskan kemana focus anda, maka anda sudah melangkah lebih jauh untuk menuju kesuksesan dan cita-cita anda.
Apa makna segalanya bagi anda? Ini sangat penting untuk anda putuskan. Kenapa anda mesti melakukan ini dan itu. Anda harus tahu alasan dan makna kenapa anda harus melakukan tujuan dan focus anda. Sebagai contoh, saya memutuskan untuk menjadi seorang penulis dan pembicara, maknanya bagi saya sangat penting. Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat dan berguna bagi orang lain. Saya ingin berkenalan dengan banyak orang. Dan saya merasa puas, jika yang saya lakukan berarti bagi orang lain. Saya merasa bahwa melakukan ini sesuai dengan bakat dan panggilan nurani saya. Bahkan saya bersedia tidak dibayar untuk melakukan ini. Walaupun tidak dipungkiri, salah satu alasan saya memutuskan cita-cita saya ini adalah untuk menesejahterakan diri dan keluarga saya. Dengan menulis dan menjadi pembicara public, makna yang saya ingin dapat tercapai.
Apa yang harus anda lakukan untuk mencapai tujuan dan focus anda? Putuskanlah tindakan yang akan anda perbuat. Kemudian komitmenlah kepadanya. Saya pernah membahas pada bab yang lain tentang kekuatan tindakan. Einstein pun pernah mengatakan bahwa kesuksesan yang diraihnya sebagai peraih Nobel dan Ilmuwan besar, karena 1 % kejeniusan dan 99 % adalah kerja keras (tindakan). Selamat sukses dengan memutuskan jalan menuju kesuksesan anda.

Tidak ada komentar:

CONSISTENT TO SUCCESS

CONSISTENT TO SUCCESS