Total Tayangan Laman

Minggu, 22 Maret 2009

KEMAUAN YANG LUAR BIASA
Oleh Boy Hadi Kurniawan
Untuk mencapai impian dan visi hidup kita, diperlukan kemauan yang kuat untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mencapai impian tersebut. Tanpa adanya kemauan yang kuat semua impian itu tidak akan pernah terwujud. Kemuanlah yang menjadi factor penyebab seseorang bergerak dan bertindak. Kemauan itu berasal dari hati dan diri kita. Kemauan itu jugalah yang dapat mengalahkan semua hambatan-hambatan yang ada dalam diri manusia. Karena sesungguhnya hambatan yang paling besar untuk meraih impian dan cita-cita kita adalah diri kita sendiri.
Hambatan itu berupa pikiran, perasaan dan sikap yang membuat kita malas, ingin berada dalam zona nyaman, berat, lebih senang bersantai-santai, tidak focus dan suka menunda-nunda untuk mengerjakan yang kita inginkan. Kalau penyakit dan hambatan-hambatan mental ini tidak kita kalahkan, dan kendalikan maka hidup kita tidak akan pernah berubah. Kita akan menjadi orang-orang yang kecewa ketika suatu saat kita sakit atau sudah tua sehingga kita tidak mampu lagi berbuat apa-apa.

Sebenarnya kita mempunyai potensi yang luar biasa besar dalam diri kita. Kalau kita bisa menggunakan potensi itu maka kita akan bisa sukses. Tetapi potensi itu selama ini hanya terpendam, karena kita tidak pernah membangkitkannya. Salah satu cara untuk membangkitkan potensi itu adalah dengan menumbuhkan kemauan yang kuat untuk berbuat. Potensi itu antara lain potensi akal dan otak kita yang sangat luar biasa. Potensi tubuh kita yang sangat kuat. Potensi mulut kita untuk berkomunikasi dan mempengaruhi orang lain, serta membangun hubungan yang harmonis sehingga kita dicintai orang lain. Potensi mata kita, sehingga kita dapat melihat keindahan dunia, dapat membaca dan melihat banyak sekali ilmu. Bagaimana cara membangkitkan potensi ini. Caranya kita harus mencoba, harus bertindak, pantangan menyerah sebelum berhasil.
Kita bisa belajar dari Thomas Alva Edison yang pantang menyerah sebelum berhasil menggapai cita-citanya untuk membuat lampu. Dia mengalami ribuan percoban yang gagal mencapai 9999 kali. Tetapi Thomas alca edsion terus menggali potensi dirinya, dia asah terus sehingga semakin tajam. Dia memiliki pola piir yang sangat optimis dan yakin dengna impiannya, walaupun dia mengeorbankan harta yang dia miliki. Untuk dapat bertindak itu maka diperlukan sebuah kemauan yang kuat untuk memulai dan melakukannya. Ketika kemauan kita kuat untuk berbuat sampai berhasil maka tidak akan ada yang menghalangi kita berbuat sampai keberhasilan itu berhasil kita raih.
Kalau memang kemauan itu sangat penting lalu bagaimana caranya kita dapat memiliki kemauan yang kuat?pertama, sadarilah pentingnya visi dan cita-cita kita. Kita harus tahu kenapa cita-cita itu harus kita capai. Bukan sekedar keinginan yang membuat kita merasa tidak masalah jika seandainya cita-cita itu tidak tercapai. Kalau kita sudah begitu yakin, bahwa cita-cita ini harus dicapai maka tindakan untuk mencapai cita-cita itu juga harus dilakukan. Kedua, kalahkan semua hambatan mental anda. Sugesti diri anda sendiri, katakana siapa lagi yang akan merubah diri saya kalau bukan diri saya sendiri. Siapa lagi yang akan berjuang kalau bukan saya. Katakan pada diri anda saya harus melakukannya Ketiga, bertindaklah sekarang juga, jangan menunggu semangat anda naik, atau tergantung pada mood di hati. Jangan tunggu termotivasi baru bertindak, bertindaklah maka anda akan termotivasi. Keempat, bayangkan kalau kita tidak berhasil menggapai impian dan cita-cita kita, maka kita akan kecewa, tidak mampu membahagiakan orang-orang yang kita cintai, menyesal, jadi orang yang tidak berarti dan berguna. Kelima, jangan pedulikan dna jangan terpengaruh dengan lingkungan yang mungkin mempengaruhi jiwa dan pikiran anda untuk bertindak. Kata-kata negative atau pun masalah di keluarga, jangan biarkan mencuri impian anda dan membuat anda malas untuk bertindak. Keenam, sadarilah bahwa umur kita singkat, kita bisa sakit kapan saja, bisa mati kapan saja. Oleh karena itu bertindaklah sebelum terlambat. Kuatkan kemauan langkahkan kaki, ayunkan tangan, berbuatlah hari ini jangan menunggu besok. Tumbuh dan berkembanglah setiap hari. Niscaya anda akan merasakan kesuksesan dan menikmati serta mensyukurinya.

Tidak ada komentar:

CONSISTENT TO SUCCESS

CONSISTENT TO SUCCESS