Total Tayangan Laman

Minggu, 22 Maret 2009

DAHSYATKAN DIRIMU DENGAN MEMBACA
Oleh Boy Hadi Kurniawan

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat diabad 20 ini membuat segala sesuatunya menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan pengetahuan manusia bisa membuat jarak yang jauh menjadi dekat, pekerjaan yang berat menjadi ringan, dan waktu yang lama bisa menjadi lebih singkat. Hari ini sudah ada pesawat, handphone, computer, internet, robot dan sebagainya. Jika kita tidak memiliki pengetahuan maka kita akan tertinggal sangat jauh. Hari ini, kemampuan seseorang dinilai dan diukur, sejauh mana pengetahuan dan kreativitasnya. Dalam pekerjaan seorang karyawan yang berpengetahuan pasti memiliki kualitas kerja yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Akan tetapi pengetahuan saja belum cukup. Jika pengetahuan itu tidak diterapkan maka dia tidak akan berguna. Pengetahuan yang bermanfaat adalah pengetahuan yang diterapkan.
Untuk memiliki pengetahuan ini, salah satu aktivitas yang sangat efektif adalah dengan membaca. Membaca adalah sarana mentransfer ilmu pengetahuan. Ayat Al qur’an yang pertama kali turun ketika Nabi Muhammad saw di Gua hira’ adalah “Iqra”, yang artinya bacalah. Allah pun menyuruh kita untuk membaca, menunjukkan bahwa membaca itu sangat penting. Nabi Muhammad pernah mengatakan jika kamu ingin selamat (sukses) diakhirat adalah dengan ilmu, jika kamu juga ingin selamat (sukses) di dunia juga dengan ilmu. Dan jika kamu ingin selamat (sukses) dunia akhirat juga dengan ilmu.

Membaca adalah jendela dunia. Itulah pepatah yang pernah kita dengar, terkait dengan pentingnya membaca. Artinya dengan membaca kita dapat melihat dunia ini. Dengan membaca kita dapat mengetahui seluk beluk dan lika-liku dunia. Dengan membaca kita dapat memiliki pengetahuan, sedangkan pengetahuan untuk zaman modern ini adalah bekal untuk menghadapi persaingan dan kompetisi.
Membaca dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas kehidupan kita. Membaca dapat mempengaruhi emosi, pemikiran dan sikap, sedangkan emosi, sikap dan pemikiran ini sangat menentukan kesuksesan dan kemajuan kita. Dengan membaca kita dapat mempelajari hasil kerja otak, kejeniusan, pengalaman, penelitian, kekayaan sastra dan seni, dari orang-orang yang memiliki keahlian dibidangnya. Sehingga kita pun dapat menyerap keahlian mereka kedalam diri kita. Artinya jika kita menanam bibit-bibit kebaikan dan kekuatan kedalam pikiran kita, maka suatu saat kita akan memetik buah kebaikan dan kekuatan dari pikiran kita yang sangat berguna untuk menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan.
Bagaimana membaca dapat mempengaruhi otak dan merubah hidup kita? karena membaca dapat membuat sel-sel syaraf dalam otak kita yang luar bisa menjadi aktif. Membaca dapat meningkatkan kapasitas dan kecerdasan otak kita. Professor Isaac Asimov dalam bukunya yang berjudul The Brain mengatakan otak manusia adalah kekuatan yang sangat dahsyat yang dimiliki manusia. Otak kita memiliki 1 triliun sel syaraf. Otak kita mampu menyimpan memori dengan kapasitas sangat besar, sebesar sebuah perpustakaan lengkap. Otak kita memiliki kecepatan berpikir, yang lebih cepat dari computer paling canggih didunia. Otak kita juga memiliki 4000 pikiran setiap harinya. Otak kita juga mampu membuat sambungan dan jaringan, yang sangat cepat, dibandingkan dengan jaringan computer dan internet yang dibuat didunia ini. Jadi dia mengatakan otak kita laksana raksasa yang sedang tertidur. Kita adalah pemilik The Most powerfull computer in the world.
Namun sayang kita jarang mengasah otak kita. Ibaratkan kita punya senjata yang dahsyat, tapi kita tidak tahu cara menggunakannya, bahkan kita sendiri kebanyakan tidak menyadari kalau kita memiliki senjata dahysat tersebut. Justru kebanyakan kita merasa bodoh, dan tidak punya apa-apa. Untuk membangkitkan potensi dahsyat itu, adalah dengan mengasah otak itu. Kalau tidak kita akan kehilangan. Otak kita itu seperti pisau, dia akan semakin tajam kalau diasah, dan semakin tumpul kalau tidak pernah diasah. Cara mengasah otak kita adalah dengan merangsang otak itu untuk bekerja dan berpikir, dengan aktifitas membaca, berfikir dan belajar. Jadi membaca dapat membuat seseorang membangunkan potensi dahsyat dalam dirinya, yaitu potensi otak, hati dan sikapnya. Karena jika isi otak manusia sudah berubah, maka sikapnya dan perasaannya juga akan berubah mengikuti apa yang dipikirkannya.
Namun jika kita lihat pada masyarakat dan diri kita, banyak yang tidak menyadari manfaat membaca, dan lebih banyak yang malas membaca. Kita lebih suka menonton dan berbicara daripada membaca. Perkembangan teknologi salah satunya televise memang positif untuk manusia. Tetapi kebanyakan siaran televise lebih bersifat hiburan dibandingkan siaran yang dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang dan mendidik seseorang untuk lebih baik dan lebih pintar. Dampak negative dari kebiasaan menonton tv menyebabkan seseorang malas membaca. Apalagi jika kebiasaan itu ingin kita tanamkan sejak dari kecil, tantangannya hari ini bagi anak-anak adalah permainan games, dan playstation yang membuat mereka lebih suka bermain games itu daripada membaca.
Akibatnya lahirlah generasi yang lemah pemikiran dan kualitasnya. Sehingga kita tertinggal dari bangsa lain, seperti jepang yang masyarakatnya sangat gemar membaca, akibatnya hari ini mereka sangat maju dan sejahtera. Mereka mampu menghasilkan karya-karya besar, seperti mobil, motor dan produk-produk lainnya yang mereka pelajari dari bangsa eropa dan amerika, tapii mereka justru lebih maju, kerena menggunakan prinsip ATM, yaitu amati, tiru dan modifikasi. Ditambah lagi adanya prinsip “kaizen” dalam masyarakatnya, yaitu perbaikan secara terus-menerus. Apapun hasil yang mereka capai, mereka tidak cepat merasa puas sehingga tidak berbuat apa-apa lagi, mereka selalu berpikir untuk terus meningkatkan dan memperbaiki hasil karyanya. Sehingga selalu terjadi perbaikan dan pembaharuan. Masyarakatnya pun sudah berkembang dari masyarakat pengetahuan sebagai basis, menjadi masyarakat ide, yaitu masyarakat yang sudah menghasilkan ide dan gagasan untuk kemajuan dan kualitas hidupnya. Karena dengan pengetahuan merangsang otak kita untuk menghasilkan ide dan kreativitas, dan segala penemuan menakjubkan serta perkembangan dunia ini, berawal dari ide-ide yang cerdas dan orisinil ini. Hari ini ini bangsa China melakukan hal yang sama terhadap bangsa jepang, mereka juga melakukan ATM (amati, tiru dan modifikasi) terhadap produk-produk jepang, sehingga muncullah berbagai kendaraan bermotor China buatan yang mirip sekali dengan produk jepang. China pun berkembang menjadi salah satu kekuatan baru di dunia ini, yang menyaingi dominasi Amerika, Eropa dan Jepang.
Kenapa seseorang malas membaca? Pertama disebabkan tidak menyadari manfaat membaca. Kedua, tidak punya motivasi dan kemauan untuk membaca. Ketiga, pengaruh lingkungan seperti televisi dan system pendidikan di keluarga maupun disekolah, yang tidak memiliki etmosfer yang memacu seseorang untuk membaca. Lalu bagaimana caranya untuk membangun kebiasaannya membaca yang memiliki manfaat sangat luar biasa in?pertama sadarilah manfaat dan pentingnya membaca ini untuk meraih kesuksesan dimasa depan kita dan meningkatkan kualitas kehidupan kita. Kedua, bacalah buku-buku yang dapat memotivasi dan membantu pengembangan diri kita, seperti buku-buku kiat sukses, membangun potensi, berfikir positif, cara belajar efektif, sehingga kita memiliki pengetahuan tentang “bagaimana” membangun kapasitas diri kita, membangun kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual yang sangat menentukan kesuksesan kita. baru kemudian dilanjutkan dengan buku-buku yang sifatnya intelektual berdasarkan spesialisasi masing-masing.
Ketiga, biasakan membaca setiap hari secara terjadwal, ataupun setiap ada waktu luang, seperti disaat dalam bis, pesawat, atau menunggu seseorang, atau saat istirahat di rumah, sambil santai dengan membaca buku-buku yang menunjang keahlian kita. Misalkan kita dapat membaca 2 buku saja dalam seminggu, maka dalam 1 tahun kita sudah membaca 96 judul buku, dalam 5 tahun kita membaca 480 buku, yakinlah dalam 5 tahun itu kita akan menjadi ahli dibidang yang kita geluti, sehingga orang akan mencari kita ketika membutuhkan keahlian kita. Keempat, konsekuensinya adalah kita membawa buku kemana kita pergi, bangunlah kebiasaan mencintai buku ini, dengan cara membelinya, membacanya kemudia meringkas dan mengambil intisari buku, kemudian menerapkannya dalam lapanga kehidupan maupan lapangan pekerjaan. Maka tunggulah hasilnya, buah-buah kesuksesan akan anda petik di masa yang akan datang. Selamat dahsyat dengan membaca!!

Tidak ada komentar:

CONSISTENT TO SUCCESS

CONSISTENT TO SUCCESS