Total Tayangan Laman

Minggu, 22 Maret 2009

DAHSYATNYA MOTIVASI
Oleh Boy Hadi Kurniawan

Motivasi berasal dari kata motive dan action. Motive artinya alasan. Sementara action artinya tindakan. Jadi motivasi artinya alas an, dorongan atau pemicu tindakan kita. Motivasi itu terdiri dari dua yaitu motivasi internal yaitu motivasi yang muncul dari diri kita. Kedua adalah motivasi eksternal yaitu motivasi yang muncul karena pengaruh lingkungan atau sesuatu dari luar diri kita. Motivasi yang terbaik adalah motivasi yang muncul dari dalam diri kita sendiri, yang bersifat permanen. Kalau kita adalah orang yang mampu memotivasi diri sendiri, maka kita akan bisa mempertahankan suhu motivasi kita. Sedangkan motivasi yang berasal dari luar cukup penting, akan tetapi dia tidak selalu ada. Kadang-kadang lingkungan itu memang bisa memotivasi kita, tetapi kadangkala lingkungan itu juga dapat mematahkan, memadamkan bahkan menghancurkan motivasi kita.
Motivasi ini sangat penting untuk kita miliki. Karena motivasilah yang mendorong kita untuk melakukan suatu tindakan. Kehilangan motivasi maka akan menjadikan kita orang yang pemalas, mudah patah semangat, frustasi dan putus asa.

Motivasi bersifat dinamis dan fluktuatif, sesuai dengan kondisi jiwa manusia. Kadang motivasi kita tinggi kadang rendah. Orang-orang yang sukses adalah orang yang memiliki motivasi yang sangat tinggi untuk meraih suksesnya. Mereka selalu bersemangat untuk mencapai sukses. Seorang pengusaha yang memiliki motivasi tinggi akan selalu bertindak untuk memajukan bisnisnya. Seorang pegawai atau karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi dia akan menjadi karyawan yang disiplin dan memiliki etos kerja serta prestasi yang tinggi. Seorang siswa yang memiliki motivasi yang tinggi akan bersemangat untuk belajar, mengerjakan tugas serta rajin pergi kesekolah.
Tanpa motivasi yang kuat maka mustahil keberhasilan akan kita raih. Akan tetapi karena motivasi itu kadang naik dan bisa turun, maka bagaimana caranya kita bisa meningkatkan motivasi dalam diri kita. Pertama, kita harus menyadari ada dua sumbu motivasi dalam diri manusia yaitu keinginan untuk memperoleh kenikmatan (gain pleasure), kemudian keinginan untuk menghindarkan rasa sakit (avoid pain). Setiap orang memiliki sumbu motivasi ysng berbeda. Kalau kita ingin termotivasi untuk melakukan suatu tindakan bisa dengan membayangkan dan memikirkan apa keuntungan dan kenikmatan yang akan kita peroleh ketika kita melakukan tindakan itu. Atau bisa juga dengan memikirkan apa derita yang akan kita dapatkan ketika kita tidak melakukan tindakan tersebut. Kedua, melakukan auto suggesti, atau memotivasi diri kita dengan kata-kata positif seperti kamu bisa, terus lakukan, pantang menyerah, yakinlah kita akan berhasil, ayo semangat dan kata-kata positif lainnya. Motivasilah diri anda secara kontinyu, ulanglah kata-kat tersebut. Ibarat sebuah mantra yang terus kita ucapkan. Ketiga, programlah pikiran dan hati anda untuk termotivasi dengan cara ; membaca buku-buku motivasi, kisah-kisah orang sukses, mendengarkan kaset, mengikuti pelatihan, berteman dengan orang-orang yang bermotivasi tinggi untuk meraih sukses, bukan dengan orang yang pesimis, suka bermain-main, dan pemalas, karena teman akan sangat besar pengaruhnya terhadap diri kita. Keempat, kejelasan tujuan, yang ingin anda raih dan capai, apa untungnya bagi anda dan apa ruginya kalau itu tidak tercapai. Kelima, biasakan diri anda untuk bertindak saat ini juga, karena tindakan itu akan memotivasi anda. Kalau anda telah membaca buku, mendengar kaset motivasi dan berteman dengan orang yang memiliki motivasi tinggi untuk sukses, tapi kalau anda tidak bertindak maka motivasi yang ada dalam diri itu, hanya akan menjadi energy potensial, tidak mampu menjadi energy kinetic, yang akan mengantarkan anda menuju tujuan yang ingin anda capai.

Tidak ada komentar:

CONSISTENT TO SUCCESS

CONSISTENT TO SUCCESS