Total Tayangan Laman

Sabtu, 29 November 2008

MEMUPUK KOMITMEN

Rata PenuhOleh Boy Hadi Kurniawan


Untuk dapat mencapai keberhasilan maka kita harus memiliki komitmen untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi syarat tercapainya keberhasilan itu. Keberhasilan bukanlah suatu hal yang terjadi begitu saja karena ada proses yang mesti dilalui. Proses itu memerlukan waktu dan tenaga berupa pikiran. Ibarat seorang bayi akan bisa tumbuh dan berkembang menjadi besar kalau telah melalui proses secara bertahap. Disaat itu ia membutuhkan kecukupan makanan sebagai sumber pengembang sel-sel tubuhnya dan yang terpenting adalah komitmen serta kesabaran orang tua si bayi untuk menjaganya agar tidak terkena penyakit dan mencukupi gizi makanannya.

Komitmen adalah sikap mental kita untuk selalu bertahan dan bersabar secara terus menerus dalam melakukan suatu pekerjaan sampai pekerjaan itu berhasil sesuai dengan yang kita inginkan. Sedangkan konsistensi adalah sikap yang tidak berubah-rubah dan tidak ragu-ragu untuk berpegang teguh terhadap suatu pekerjaan atau hal yang sudah diputuskan. Komitmen dan konsistensi ini merupakan syarat utama untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan yang akan kita raih merupakan visi hidup kita. Kesuksesan memiliki jarak waktu dan tingkatan yang lebih tinggi serta lebih lama dari diri kita yang ada sekarang. Artinya untuk mencapai kesuksesan kita membutuhkan waktu yang lebih lama, tenaga yang lebih besar, kerja yang lebih sering, serta tindakan yang nyata. Kesuksesan yang diraih oleh orang-orang yang sukses didapatkan melalui kerja keras, komitmen dan konsistensi.

Sikap komitmen dan konsisten ini bersumber dari kekuatan jiwa dan kemauan seseorang. Kemampuan untuk mengalahkan rasa berat, rasa malas, rasa jenuh demi melakukan hal bermanfat yang kita ingini merupakan substansi dari komitmen itu. Komitmen juga bermakna latihan yang terus menerus sehingga dia menjadi kebiasaan. Pada awal tahap kerja untuk sukses biasanya kita akan mendapatkan hambatan dari diri kita sendiri. Hambatan itu berupa keraguan “akankah kita dapat mencapainya”. Bisa juga berupa ketidaksabaran untuk cepat mencapai kesukesan itu padahal belum waktunya, karena banyak persyaratan untuk sukses yang belum kita penuhi. Komitmen juga berarti kita tidak pernah berhenti untuk berbuat walaupun kita menemui kegagalan-kegagalan kecil yang tidak bisa disebut kegagalan karena ia hanya merupakan kerikil-kerikil perjalanan menuju kesuksesan itu. Oleh karena itu sifat komitmen ini sangat penting bagi kita agar jiwa kita terlatih sehingga terbongkarlah akar-akar kemalasan dan kelemahan yang bercokol dalam diri kita, Inilah penghambat keberhasilan kita selama ini. Untuk itu dia harus dicabut dengan memupuk komitmen.

Komitmen sangat penting untuk kita miliki dalam rangka menuju puncak keberhasilan yang kita dambakan. Komitmen berati kita tidak berpaling dari kerja yang kita lakukan untuk mencapai visi. Komitmen juga berarti mentaati manajemen waktu yang telah kita rencanakan. Pekerjaan yang kita mulai tepat pada waktu nya dan berakhir juga pada waktunya.

Bagaimana agar kita dapat meiliki sebuah sifat emas yang bernama komitmen ini. Pertama, kita harus menanamkan suatu tekad yang kuat dalam diri kita untuk tidak akan berhenti dan menyerah sampai kita bisa mencapai visi yang kita inginkan. Kedua, terus, tidak pernah berhenti untuk berlatih sampai kita merasakan tidak ada lagi rasa berat, beban dalam melakukan tahapan kerja demi kesukesan itu. Sudah terbentuk suatu kebiasaan baru dalam diri kita. Ketiga, bayangkan secara logis manfat yang kita dapatkan kalau kita berhasil mencapai kesuksesan. Kita akan senang, bangga dan bahagia karena mencapai sukses dari hasil perjuangan walaupun memeras keringat bahkan air mata sekalipun. Begitulah secara singkat tentang komitmen. Semoga besok dapat kita lanjutkan dengan penjelasan yang lebih bermutu dan lebih jelas.

Tidak ada komentar:

CONSISTENT TO SUCCESS

CONSISTENT TO SUCCESS