Total Tayangan Laman

Sabtu, 29 November 2008

KESUKSESAN


Oleh Boy Hadi Kurniawan

Setiap kita pasti menginginkan kesuksesan yang menyeluruh dunia dan akhirat. Kesuksesan dunia dan akhirat ini merupakan kesuksesan yang seimbang. Jika kesuksesan dunia tidak dibarengi oleh kesuksesan diakhirat maka kesuksesan dunia itu tidak akan berarti. Karena akhirat merupakan tujuan akhir kita. Jika diibaratkan kita terdampar dilautan “luas” maka akhirat adalah pulau impian yang mesti capai agar kita dapat selamat dari marabahaya. Apalagi jika kita mengatahui hakikat keabadian alam akhirat dan hakikat kesemuan dunia. Kesuksesan didunia berarti kita memiliki kemampuan memenuhi segala keinginan yang bersifat duniawi. Sementara kesuksesan diakhirat kita mendapatkan tempat yang mulia disisi Allah swt.

Untuk mencapai kesuksesan dalam hidup ini memerlukan usaha dan perjuangan yang optimal dan berkesinambungan. Kita akan banyak menemui rintangan-rintangan secara internal maupun eksternal untuk mencapai visi hidup kita. Kesuksesan adalah sinkronisasi antara harapan dan kenyataan. Kesuksesan itu sangat tergantung dari usaha dan tindakan nyata yang kita berikan. Tantangan membangun kesuksesan merupakan suatu hal yang mesti kita lewati. Tantangan itu akan membuat kita berpikir dan berusaha lebih keras untuk mengatasinya. Artinya tantangan mendidik kita untuk menjadi manusia yang lebih tangguh secara mental dan intelektual.

Kesuksesan merupakan dambaan setiap orang, tetapi tidak semua orang mau berusaha keras untuk mencapainya. Yang ada baru sebatas kemauan yang tidak konsisten. Dia ingin sukses tapi disisi lain tidak melakukan usaha yang optimal yang tidak dilandasi oleh pemikiran dan perencanaan matang yang berujung pada perbuatan. Oleh karena itu maka kesuksesan akan tercapai jika terjadi pertama, adanya visi yang jelas dan tergambar oleh kita, akan seperti apa masa depan yang kita inginkan. Kedua adanya optimisme dalam jiwa kita bahwa visi itu bisa tercapai karena kemampuan, kemauan dan pertolongan Allah swt. Ketiga adanya pemikiran yang matang, cerdas dan kreatif untuk menapaki jalan menuju keseuksesan itu. Keempat adanya komitmen untuk melaksanakan apa yang telah dipikirkan dan direncanakan. Kelima, adanya kesabaran dalam menghadapi setiap kemugkinan kegagalan maupun rintangan-rintangan yang terjadi ditengah perjalanan.

Tidak ada komentar:

CONSISTENT TO SUCCESS

CONSISTENT TO SUCCESS