Total Tayangan Laman

Sabtu, 29 November 2008

KEBERANIAN

Oleh Boy Hadi Kurniawan

Keberanian adalah sifat mulia yang hanya dimiliki oleh para pahlawan. Para pejuang-pejuang islam yang berjaya di medan jihad fisabilillah seperti Khalid bin Walid, Umar bin Khattab memiliki keberanian yang luar biasa. Keberanian yang mereka miliki membuat mereka tidak lagi takut menghadapi kematian, kehilangan harta bendanya maupun luka-luka dalam peperangan.

Keberanian ini sangat penting juga bagi kita untuk bias bertahan dalam hidup ini. Kita tidak akan bias melakukan apapun kalau tidak memiliki keberanian. Karena setiap perbuatan mengandung resiko. Orang yang penakut lawan dari berani adalah orang yang tidak berani menanggung resiko akibat perbuatannya sehingga memilih tidak melaukan pekerjaan yang semestinya dilakukan karena takut gagal, takut sakit, takut jatuh, takut mati dan takut-takut yang lainnya. Sifat penakut hanya bias dikalahkan dengan keberanian. Tidak berarti pula sifat pebnakut selalu jelek. Kedua sifat itu ada dalam diri manusi agar manusia memiliki kesimbangan dalam kepribadian. Dia akan menjadi masalah kalau sudah tidak lagi wajar dan normal. Sifat takut akan membuat diri kita lebih berhati-hati walaupun kita berani untuk melakukan perbuatan beresiko yang kita lakukan.

Memang keberanian memiliki kadarnya. Ada keberanian yang besar dan yang kecil. Besarnya keberanian yang dibutuhkan jika perbuatan yang kita lakukan juga perbuatan yang beresiko besar. Sebaliknya hanya dibutuhkan keberanian yang kecil jika perbuatan yang kita lakukan beresiko kecil. Orang yang berani berbeda dengan orang yang nekat. Orang yang berani melakukan perbuatannya dengan perhitungan meski dia tahu konsekuensi apa yang diterima kelak jika perbuatan yang dilakukannya itu gagal. Sedangkan orang yang nekat berbuat tanpa perencanaan dan perhitungan yang matang. Meskipun kenekatan adakalanya dibutuhkan dalam saat-saat yang genitng dimana tingkat keberhasilan hampir mendekati mustahil. Biasanya ini didorong oleh harga diri, serta prinsip idealisme yang diyakininya. Jadi keberanian merupakan penggabungan antara emosi dan rasio.

Yang jelas pada perbuatan yang beresiko sebesar apapun jika gagal jelas ada peluang untuk berhasil. Orang yang berani memiliki kepercayaan pada kemampuan dirinya sendiri bahwa dia akan berhasil melewati resiko yang dihadapi. Keberanian juga berarti adanya pemikiran positif yang melihat bahwa yang ada didepan mata ada kesuksesan melewati tantangan beresiko yang ada.

Keberanian yang ada dalam jiwa kita akan bisa melemah akibat kegagalan dan kesalahan kita dalam melakukan suatu perbuatan. Akibat kesalahan dan kegagalan ini seseorang kehilangan kepercayaan pada dirinya sendiri. Akankah dia akan berhasil ataukah dia akan gagal lagi. Karena secara emosional kegagalan itu berbekas dalam jiwanya, meninggalkan suatu rasa yang tidak menyenangkan sehingga tidak ingin merasakan rasa seperti itu lagi. Jika tidak memiliki keberanian maka akibatnya ldia ebih memilih tidak berbuat daripada mengalami nasib yang sama. Kedua adanya pemikiran negatif atau pemikiran buruk. Pemikiran negatif ini mengakibatkan bayangan yang muncul dalam dirinya adalah bayangan-bayangan buruk, bayangan menakutkan, bayangan kegagalan sebagai resultan dari perbuatannya itu

Apa sumber keberanian dan bagaimana memperkuat keberanian. Sumber keberanian adalah sikap mental sukses. Kesuksesan membuat orang ketagihan untuk mengulang kesuksesan berikutnya. Sehingga dia mau melakukan perbuatan beresiko karena bayangan kesuksesan besar yang akan diraihnya karena biasanya perbuatan berseiko besar kalau berhasil juga merupakan keberhasilan yang besar.

Tidak ada komentar:

CONSISTENT TO SUCCESS

CONSISTENT TO SUCCESS